"Dreaming is the very first step which you have to take. whereas, the act is consecutive step which you have to carry out."
e-Class
E-Learning
If your connection is felt heavily,
please try the mobile version.
Try!
Berkas
Berkas

Variabel dan Konstanta

Posted by provixsem Kamis, 05 April 2012 0 comments

Variabel
Variabel merupakan suatu nama yang menyatakan tempat dalam memori computer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilainya dapat berubah – ubah ketika program dieksekusi.
Misalnya :

panjang = 5;
lebar = 4;
Luas = panjang * lebar;

Panjang,lebar dan Luas  merupakan variabel. Nilai variabel tersebut telah dideklarasikan dengan nilai panjang adalah 5,nilai lebar adalah 4 dan nilai Luas adalah nilai panjang dikalikan dengan nilai lebar. Jika dihitung secara matematis panjang * lebar adalah 4 x 5 = 20. Maka selanjutnya ketika program dieksekusi nilai Luas = 20. Hal ini berbeda dengan persoalan berikut ini :

….
int alas,tinggi,Luas;
cout<<"masukkan nilai alas : ";
cin>>alas;
cout"masukkan nilai tinggi : ";
cin>>tinggi;
Luas = alas * tinggi;
cout<<"luas segitiga adalah "<<Luas;
….

Maka dapat kita selidiki jika nilai variabel alas, tinggi dan Luas tidak didefinisikan terlebih dahulu melainkan menunggu input dari user. Jadi nilai tersebut tergantung pengguna yang mengisikannya.  Jika program tersebut dijalankan maka user diminta untuk memasukkan nilai alas dan tinggi. Seperti berikut ini dialognya :

masukkan nilai alas : _   

(selanjutnya , setelah kita masukkan nilai alas akan muncul lagi pertanyaan)

masukkan nilai tinggi : _

Misalnya : 

jika kita masukkan nilai alas = 12 ,kemudian 
masukkan nilai tinggi = 10 maka selanjutnya program akan menghitung nilai variabel yang telah kita masukkan dengan parameter Luas = alas * tinggi, maka jika dihitung secara matematis 12 x 10 = 120. setelah penghitungan selesai selanjutnya program akan menampilkan
luas segitiga adalah 120

Konstanta (literal)
Setelah kta mempelajari variabel selanjutnya konstanta. Kalau variabel nilainya bisa berubah – ubah sebaliknya ,nilai konstanta atau literal tetap dan tidak bisa ber ubah – ubah.  Dari contoh program peng hitung Luas Segi empat :

…
int panjang,lebar,Luas;
panjang = 5;
lebar = 4;
Luas = panjang * lebar;
cout<<"luas persegi panjang = "<<Luas;
…

Angka 5 dan 4 bisa disebut konstanta atau literal, karena jika program dijalankan nilainya sekarang atau nanti akan tetap 20. Hal ini berbeda dengan penghitung Luas segitiga yang nilai alas dan tingginya tidak dideklarasikan secara langsung:
….
int alas,tinggi,Luas;
cout<<"masukkan nilai alas : ";
cin>>alas;
cout"masukkan nilai tinggi : ";
cin>>tinggi;
Luas = alas * tinggi;
cout<<"luas segitiga adalah "<<Luas;
….


Pada program tersebut variabel tidak di isi nilai tetap (konstan) yang nantinya program akan menghitung nilanya tergantung kita memasukkan berapa.
Selain itu kita bisa menulis konstanta dengan menggunakan const ,maka 
panjang = 5; bisa menjadi const panjang = 5;
konstanta seperti ini bisa diterapkan pada program penghitung lingkaran atau program lain yang mempunyai nilai tetap seperti   yang mempunyai nilai 3.142857142857143 dibulatkan menjadi 3,14.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi (^_^) !......