"Dreaming is the very first step which you have to take. whereas, the act is consecutive step which you have to carry out."
e-Class
E-Learning
If your connection is felt heavily,
please try the mobile version.
Try!
Berkas
Berkas

HTML5

Posted by provixsem Selasa, 06 Januari 2015 0 comments

Mengenal HTML5

HTML(Hypertext Markup Language)5 adalah sebuah bahasa markup untuk menstrukurkan dan menampilkan isi dari World Wide Web, sebuah teknologi inti dari internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML. HTML pertama kali diciptakan tahun 1990. Versi keempatnya (HTML4) dibuat pada tahun 1997 dan hingga Juni 2011 masih dalam pengembangan. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca manusia, dan juga mudah dimengerti mesin. HTML5 merupakan salah satu karya W3C (World Wide Web Consortium)  untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah (Markup) tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5 merupakan jawaban atas pengembangan HTML 4.0.1 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah dan diimplementasikan secara berbeda – beda oleh banyak perangkat lunak pembuat web.

WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group) yang didirikan oleh individu-individu dari perusahaan Teknologi Informasi besar seperti Apple, Mozilla, Opera, dan Google mulai membuat standar baru pada tahun 2004 ketika W3C sedang fokus pada pengembangan XHTML 2.0 untuk masa depan, sementara HTML 4.0.1 belum pernah diperbarui sejak tahun 2000. Kemudian sejak tahun 2009, W3C dan WHATWG bekerja sama dalam pengembangan HTML5 setelah W3C mengakhiri Working Team Developer XHTML 2.0. WHATWG mulai menspesifikasikan HTML5 pada bulan Juni 2004 dengan nama Web Application 1.0 hingga Maret 2010, spesifikasi ini masuk kebagian draf standar di WHATWG dan kedalam bagian pengurusan draf di W3C. Ian Hickson mewakili Google Inc. menjadi editor HTML5. W3C menjadwalkan HTML5 akan menjadi kandidat rekomendasi pada akhir tahun 2010. Namun, publikasi pertama draft HTML5 meleset 8 bulan. Permintaan dokumen terakhir dan tahap kandidat rekomendasi dapat dicapai pada tahun 2008, tetapi hingga bulan Juli 2010 HTML5 masih dalam tahapan draft pengerjaan di W3C. WHATWG telah meminta penyelesaian terakhir untuk HTML5 sejak bulan Oktober 2009. Ian Hickson berharap spesifikasi HTML5 dapat mencapai tahap kandidat rekomendasi pada tahun 2012. Kriteria di W3C agar sebuah spesifikasi dapat berstatus “Direkomendasikan” (recommended) adalah 100% selesai dan dan penerapannya dapat dilakukan pada dua atau lebih system yang berbeda. Pada wawancaranya dengan TechRepublic, Hickson memperkirakan hal ini baru akan terjadi pada tahun 2022 atau setelahnya. Meski demikian banyak bagian dari spesifikasi sudah stabil dan telah dapat diterapkan pada produk.

Deklarasi DOCTYPE untuk HTML5 sangat sederhana berbeda dengan HTML 4 (sebelumnya), seperti berikut ini :
<!DOCTYPE html>

Cukup sederhana bukan? Berikut contoh lengkapnya :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta charset="UTF-8">
<title>Title of the document</title>
</head>
<body>
Content of the document......
</body>
</html>

Elemen – elemen yang baru di HTML5 diantaranya :

  • Elemen simantik baru seperti <header>, <footer>, <article>, dan <section>.
  • Bentuk baru kontrol seperti number, date, time, calendar, dan range.
  • Elemen grafis baru : <svg> dan <canvas>.
  • Elemen multimedia baru : <audio> dan <video> untuk meng-embed file media Audio dan Video tanpa harus menambahkan plugin seperti flash player dan semacamnya. 
Berikut contohnya :

<video width="320" height="240" controls>
<source src="movie.mp4" type="video/mp4">
<source src="movie.ogg" type="video/ogg">
Your browser does not support the video tag.
</video>

API di HTML5

HTML5 juga dilengkapi API (Application Programming Interfaces) baru seperti :
  • HTML Geolocation
  • HTML Drag and Drop
  • HTML Local Storage seperti Cookies
  • HTML Application Cache
  • HTML Web Workers
  • HTML SSE

Elemen yang dihapus di HTML5 diantaranya :

Elemen Dihapus
Gunakan Penggantinya
<acronym>
<abr>
<applet>
<object>
<basefont>
Gunakan CSS
<big>
Gunakan CSS
<center>
Gunakan CSS
<dir>
<ul>
<font>
Gunakan CSS
<frame>
-
<frameset>
-
<noframeset>
-
<strike>
Gunakan CSS
<tt>
Gunakan CSS
Referensi:
  • Ardhana, YM Kusuma (2013). Buku Pintar Pemrograman HTML 5 untuk Pemula. Yogyakarta:MediaKom.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi (^_^) !......